Novel Hankachi

Judul: Hankachi

Penulis: Muliyatun N.

Penerbit: Nida Dwi Karya Publishing

Tahun terbit: 2013 & 2016 (Edisi Revisi)

Jumlah halaman: 296

Harga: Rp86.000,00

Hankachi New Front Cover

Sedih. Saputangan yang sangat berharga itu hilang! Tepatnya setelah Kaori bertabrakan dengan seorang laki-laki di depan Miyamoto Café. Kaori semakin sedih dan bingung karena ayahnya memaksanya menikah dengan seseorang yang sama sekali tidak dikenalnya. Walaupun dengan berat hati, akhirnya Kaori bersedia menerima laki-laki dingin bernama Okumura Shinichi itu. Kaori tidak menyangka bahwa gempa dan tsunami Tohoku pada 11 Maret 2011 yang lalu ternyata sedikit banyak memengaruhi perjalanan hidupnya.

Suatu hari, Kaori menemukan saputangan yang sama persis dengan miliknya di antara pakaian Shinichi. Mungkinkah Shinichi adalah laki-laki di depan Miyamoto Café yang menemukan saputangan Kaori? Lalu, bagaimana Kaori dan Shinichi menjalani kehidupan pernikahan mereka yang tidak dilandasi dengan cinta?

“Klasik? Bukankah kisah kita juga klasik?” kataku tanpa sadar.

“Ya, sejarah memang selalu berulang.” sahut Shinichi.

Setelah menerbitkan novel pertamanya yang berjudul Akatsuki, Muliyatun N. a.k.a. Miyazaki Ichigo kembali menerbitkan novelnya yang kedua. Novel itu berjudul Hankachi (Saputangan). Seperti novel Akatsuki yang bertema cinta dengan latar Jepang-Islam, novel Hankachi juga bertema cinta dengan memadukan keindahan negeri sakura tanpa melepaskan nilai-nilai Islam. Walaupun sekilas mirip, novel Hankachi tetap berbeda dengan novel Akatsuki.

Sebagaimana tampak pada sinopsis di atas, novel Hankachi berkisah tentang perjodohan, yaitu tentang Aoyama Kaori yang dijodohkan dengan Okumura Shinichi. Kisah perjodohan seperti ini sudah ada sejak dulu, tapi selalu berulang di setiap zaman dengan tokoh dan tempat yang berbeda. Karena itu, Kaori berkata bahwa kisah mereka klasik dan Shinichi membenarkan bahwa sejarah memang selalu berulang. The history repeats itself.

Soal bagaimana Kaori bisa dijodohkan dengan Shinichi, lalu bagaimana mereka menghadapi perjodohan itu, dan bagaimana kehidupan pernikahan mereka setelah itu, saya tidak akan membocorkannya di sini. Para pembaca silakan membaca sendiri novel Hankachi.

Dalam novel Hankachi terdapat banyak info tentang negara Jepang, baik mengenai kebudayaannya, bahasanya, tempat-tempat yang ada di sana, maupun beberapa peristiwa bersejarah yang pernah menimpa Jepang, termasuk yang terbaru adalah gempa bumi Tohoku 11 Maret 2011. Novel ini juga menyajikan pengetahuan tentang Islam. Selain itu, cerita cinta dalam novel ini tidak disampaikan secara berlebihan, melainkan apa adanya.

Novel ini tergolong langka karena memadukan kebudayaan Jepang dengan nilai-nilai Islam. Biasanya novel dengan setting luar negeri tidak menggambarkan nuansa yang islami. Kalaupun islami, biasanya mengambil setting negara Timur Tengah. Jadi, novel ini termasuk unik karena menceritakan kehidupan Muslim Jepang dengan kondisi masyarakatnya yang sebagian besar tidak beragama.

Novel Hankachi pertama kali terbit pada 2013. Lalu, pada 2016 novel Hankachi kembali diterbitkan setelah mengalami beberapa perbaikan. Silakan baca https://asapenamulia.wordpress.com/2016/06/16/wajah-baru-novel-hankachi/.

Novel ini bisa didapatkan dengan membeli secara online di http://nulisbuku.com/books/view_book/8660/hankachi.

Novel ini juga bisa dipesan melalui e-mail asapenamulia@gmail.com.

Semoga bermanfaat 🙂

 

My blogs: asapenamulia.wordpress.com, asapenamulia.blogspot.com

e-mail/facebook: asapenamulia@gmail.com

twitter: @asapenamulia

Instagram: @asapenamulia

Advertisements

25 Responses to Novel Hankachi

  1. adry says:

    Ka, Saya suka novel kaka yang akatsuki. Kalau buku kk yang hankachi itu lebih sulit di dapatkan ya. Adakah saran untuk saya bisa dapetin novelnya. Yang terpercaya dan saya cuma punya BNI . makasih maaf ngerepotin

  2. himeka says:

    assalamualaikum, kak q udah bc novel hankachinya, bagus bgt :),,, tp q penasaran, ma karakter shinichi, klo di akatsuki kan sdkt bnyk dijlasin tu ttg satoshi yang sbnrnya udh lama suka ma mayumi. nah klo di hankachi shinichi tu agk ngebingungin, cz gk d jlasin alasan shinichi tu cuek bgt ma kaori, pdhl kn kaori udh jd istrinya? (bda ma satoshi yang mang hrus cuek k mayumi krn mayumi bkn mahrom nya) gmn tu kak, bs tolong d jlasin gk?
    domo arigatou:)

    • Muliyatun N. says:

      Waalaikumsalam. Terima kasih sudah membaca novel Hankachi 🙂
      Awalnya Shinichi memang tidak menyukai Kaori karena mereka kan dijodohkan. Tapi, seperti pepatah Jawa yang sepertinya berlaku di mana-mana, “witing tresna jalaran saka kulina” yang artinya “cinta berawal dari kebiasaan”. Karena sering bersama, lama-lama tumbuh cinta juga antara Kaori dan Shinichi 😉

  3. misorai says:

    Gak dijual di toko buku ya?

  4. ka aku mau tanya cari beli novel hankachi bagaimana yah , soalnya setiap ke gramed tidak ada aku juga mau tanya akatsuki kira2 ada novel part 2nya tidak yah ? terima kasih

  5. Pingback: Kata-kata dan Salam-salam Bahasa Jepang dalam Novel Hankachi | Asa Pena Mulia

  6. M.Resthu Putri says:

    Assalamu’alaikum 🙂 Akatsuki nya masih ada juga gak mb?

  7. Chiz says:

    Masih bisa pesan tidak ya mbak novelnya?

  8. Rachma Novita says:

    Masih bisa pesen kah novelnya?

  9. haifa says:

    Ka ak cari di link it ko ga ada stok nya yah, udh ga terbit lg kah? Klo bisa aku mau mesen ke kk bisa?

  10. haifa says:

    Ka aku cari di link yg kk mksd ga ad stok ny udh g trbit lg ya? Klo iya aku msen ke kk msh bisa?

    • Muliyatun N. says:

      Iya, link novel Hankachi yang lama memang dihapus karena saat ini novel Hankachi sedang direvisi. Kalau revisinya sudah selesai, insya Allah saya cantumkan link-nya yang baru. Nanti novel Hankachi bisa dipesan lewat link tersebut atau pesan langsung ke saya.

  11. Muliyatun N. says:

    Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan novel Hankachi, tapi kesulitan, bisa pesan melalui email asapenamulia@gmail.com. Terima kasih.

  12. Ana says:

    Kak, saya browse ke nulisbuku krn mau order Hankachi, nemu link yg ini http://www.nulisbuku.com/books/view_book/8660/hankachi Apa ini yg udah direvisi? Trus apa udah bisa diorder di nulisbuku? Please bales comment ini ASAP ya, kak. Thanks

    • Muliyatun N. says:

      Betul, itu link untuk order novel Hankachi yang sudah direvisi.
      Iya, novel Hankachi sudah bisa dipesan di nulisbuku.com melalui link tersebut.
      Terima kasih.

  13. wa_ridwan says:

    ka, waktu bikin novel romance kaya akatsuki sama hankachi kaka sendiri baper ga sik? saya aja yang bacanya baper banget kyaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s