Novel Akatsuki

Judul: Akatsuki

Penulis: Miyazaki Ichigo

Penerbit: Mizania, Bandung

Tahun terbit: 2009

Tebal: 304 halaman


Dugaan pertama yang mungkin muncul setelah melihat cover novel ini antara lain:

  • Manga dan anime Naruto.
  • Tim Akatsuki yang bertujuan mengumpulkan bijuu dengan anggotanya Pein, Konan, Hoshigaki Kisame, Uchiha Itachi, Hidan, Deidara, Sasori, dan kawan-kawannya yang memakai jubah hitam bergambar awan merah.
  • Novel berbahasa Jepang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Penulisnya orang Jepang.

Dari beberapa kemungkinan di atas, adakah yang kalian alami? Sebelum kalian menduga-duga terlalu jauh, ini dia kebenarannya.

Novel Akatsuki ditulis oleh orang Indonesia. Cuma, setting-nya memang mengambil negara Jepang. Miyazaki Ichigo adalah nama pena penulisnya yang memiliki nama asli Muliyatun N.

Berikut ini sinopsis ceritanya:

            Ada tiga pria yang mencintai Mayumi. Shun yang tak terduga, Henry yang selalu membawa kebahagiaan, dan Satoshi sang penolong misterius.

            Semuanya berawal ketika Mayumi diadopsi oleh keluarga Nakano dan tumbuh menjadi gadis cantik yang lincah dan cerdas. Lalu kebahagiaan Mayumi terempas saat seseorang yang dicintainya malah berusaha menodai. Sekalipun masih ada yang melindunginya, Mayumi memilih meninggalkan kediaman keluarga Nakano. Mayumi sangat yakin, ketabahan hatinya akan menuntun kembali pada kebahagiaan. Dia yakin meski kerikil kehidupan selalu menghadang, luka dan perih dapat dibalutnya dengan doa. Hingga akhirnya waktu mempertemukan Mayumi dengan seorang mualaf pendiam yang cerdas.

            Shun, Henry, dan Satoshi. Siapakah di antara mereka yang menjadi belahan hati Mayumi? Bagaimana pula Mayumi mengelak dari upaya balas dendam yang selalu mengejarnya?

Begitulah bunyi sinopsis novel ini yang tertera di sampul belakangnya. Akatsuki sendiri berarti fajar. Jadi, novel ini berkisah seputar saat-saat fajar dan tentang fajar. Tokoh utama dalam novel ini adalah seorang remaja putri bernama Mayumi yang duduk di bangku SMA. Novel ini mengisahkan kehidupan sehari-hari Mayumi di lingkungan keluarga dan sekolahnya.

Di rumah, Mayumi tinggal bersama ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki. Sekilas tampak seperti keluarga biasa pada umumnya. Namun, riwayat hidup Mayumi sebenarnya sangat kompleks, tidak sesederhana yang terlihat. Hal itu juga yang akhirnya memicu konflik besar dalam hidupnya.

Di sekolah, Mayumi memiliki teman-teman seperti Kozue yang tomboi, Rin yang feminin dan lembut, serta Chieko yang keibuan. Ada juga Kira sang ketua kelas, Takuya yang humoris, Richi yang usil, Chiba yang pendiam, dan tentunya Kagawa Satoshi, laki-laki sedingin es yang misterus.

Sebagaimana remaja pada umumnya, Mayumi selalu ingin tahu. Satoshi yang penuh misteri dan selalu bersikap dingin pun menarik perhatiannya. Karena Satoshi sering meninggalkan jam makan siang dan tidak mau bersentuhan dengan perempuan, Mayumi jadi penasaran. Usut punya usut, ternyata ….

Waktu pun terus bergulir. Peristiwa demi peristiwa terjadi silih berganti dan jalin menjalin menjadi konflik hingga mencapai penyelesaiannya.

Actually, it’s a love story. Tapi, ceritanya tidak melulu tentang cinta. Mayumi juga berusaha mencari kebenaran Islam untuk mengisi kekosongan hatinya. Ya, karena hidayah adalah sesuatu yang perlu diusahakan.

Nah, lho? Gitu aja? Jadi, bagaimana kisah Mayumi selengkapnya? Bagaimana nasib Mayumi selanjutnya? Bagaimana riwayat keluarga Mayumi yang sebenarnya? Lalu, seperti apakah Kagawa Satoshi, siswa laki-laki misterius di sekolah Mayumi? Siapa sesungguhnya dia? Dan, apa hubungannya dengan fajar? Kenapa judulnya Akatsuki?

Hehe … penasaran, kan? Pengen tahu, kan? Untuk cerita selengkapnya, silakan membaca novelnya sendiri.

Novel ini tentunya memiliki beberapa kekurangan. Seperti tata bahasa yang masih harus terus diperbaiki, penguasaan materi yang perlu ditingkatkan, alur cerita yang mudah ditebak, dan karena penulisnya orang Indonesia, barangkali ceritanya masih terasa di Indonesia walaupun setting-nya di Jepang.

Meskipun demikian, insya Allah ada manfaat yang bisa didapat dengan membaca novel ini. Pertama, jelas memberi hiburan. Novel ini juga menyedikan beberapa informasi tentang Jepang. Lalu, bagi yang baru belajar bahasa Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang, di novel ini disisipkan beberapa kata dalam bahasa Jepang. Tentu saja hanya kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan termasuk mudah. Bagi yang sudah bisa berbahasa Jepang, sih, kayaknya belum ada apa-apanya. Di novel ini juga dicantumkan lirik-lirik OST anime yang cukup banyak untuk memperkuat latar suasana cerita. Dan tentunya, novel ini tergolong unik karena memadukan antara kebudayaan Jepang dengan nilai-nilai Islam yang indah.

Novel ini bisa didapatkan di toko-toko buku. Kalau nggak ketemu, bisa menghubungi dan pesan langsung ke distributornya, yaitu Mizan Media Utama. Ini dia!

Mizan Media Utama

Kantor Distribusi Bandung:

Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146, Ujungberung, Bandung 40294

Telp: 022-7815500

Fax: 022-7802288

e-mail: mizanmu@bdg.centrin.net.id
Contact person: Winarni

Perwakilan Jakarta:

Golden Plaza Blok G 15-16, Jalan RS Fatmawati No. 15, Jakarta Selatan 12410

Telp: 021-7661724 (Hunting)

Fax: 021-7508945

e-mail: mmujkt@cbn.net.id
Contact person: Noryati Sahara (Yaya)

Perwakilan Surabaya:

Jalan Karah Agung 3-5, Surabaya 60231

Telp: 031-8281857, 031-60050079

Fax: 031-8289318

e-mail: mizanmu_sby@yahoo.com
Contact person: Bagus Triyanto

Perwakilan Makassar:

Jalan A.P. Pettarani Selatan I No. 1 Makassar 900221

Telp: 0411-871369

Contact person: Nahzar

Perwakilan Malang:

Jalan Sudimoro No. 1 Malang

Telp/Fax: 0341-477869

e-mail: mizan_mlg@yahoo.com
Contact person: Muhammad Mansyur

Perwakilan Medan:

Kompleks TASBIH I Blok TT No. 13, Medan 20133

Telp/Fax: 061-8214910

e-mail: mmumdn@hotmail.com
Contact person: Sofyan Sauri

Distribusi Pekanbaru:

Jalan Tuanku Tambusai/Nangka 1

Komplek Kuda 8 No. 77

Simpang Mall SKA Pekanbaru

Telp: (0761) 39088

Fax: (0761) 39089

Contact person: Andi Siregar

Well, harapan penulis, semoga novel pertamanya ini dapat memberi manfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi siapa saja yang membacanya. Amin.

Penulis juga senantiasa terbuka untuk menerima kritikan dan masukan yang bisa disampaikan melalui email/facebook asapenamulia@gmail.com, twitter @asapenamulia atau blog asapenamulia.wordpress.com dan asapenamulia.blogspot.co.id.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat ^_^

111 thoughts on “Novel Akatsuki

  1. aku suka bgt sama akatsuki 😀 aku baca ulang2 terus!!

    aku paling suka sama Satoshi, keren, pinter!
    aku pingin bgt kalo akatsuki di jadiin film!

    blh nanya, maksudnya : one plus one equals everything and two minus one equals nothing itu apa? hehe, sblmx trims

    • Makasih, ya, uda baca akatsuki 🙂
      Ehm … berhubung bukan saya yg ngomong, saya hanya bisa menafsirkan. Kayaknya sih, maksudnya itu bila sepasang kekasih uda bersama, maka itu berarti segalanya lengkap dan tercukupi, tapi kalau mereka sendiri-sendiri atau terpaksa berpisah atau ga bisa bersatu, maka sama saja hidup mereka ga berarti.
      Itu menurut penafsiran saya.

  2. Pingback: Novel Akatsuki Cetak Ulang! « mzaki371

  3. akuu sangaaat suka novel akatsuki !!!
    ku jg dukung bgt klo novel ini di angkayt ke film ,, aku pasti beli !!
    karna aku sukaaaaa bg sama kagawa satoshi ,<

  4. Hhhmmm,, novel yg pling bgus yg prnh aq bca dehh…!!
    palg ma kagawa satoshi…!!
    filmkn saja pasti banyak yg suka….!!!! 🙂

  5. kakkoi yo nee~~
    atashi mo hontou ni suki da..
    XDD

    berharap bisa seberuntung mayumi nantinya..
    hihihi.. amiiinn..
    *slapped

    miko miko bikin novel lagi ga?
    keren banget looh..
    X33

  6. miyazaki-san.. novelnya keren banget.. sumpah.. nih temenku barusan bilang gitu…

    memang bagus banget miyazaki-san…

    ditunggu lho karya selanjutnya…

  7. Akatsuki Sugoi!!!! 2 thumb deh 🙂
    dibaca berulang-ulang gak ada bosan2nya, aku bersyukur sekali karena bisa membeli novel ini.
    membaca novel akatsuki bagaikan membaca komik islami, it’s very cool, I’m very like this novel ^_^

    pengen banget punya pendamping hidup seperti kagawa satoshi, hihihi…. ngarep?! 🙂

  8. aku suka banget sama novelnya….mpe nyari2 di gramed g nemu2….aku suka tokohnya…..insan yang cinta agamanya tapi juga tak bisa lepas dari sifatnya sebagai manusia.

  9. hmmm…keren novelnya…..
    tp… agak bosen di akhir cerita….
    udah bisa ketebakkk….
    moga bisa lebihhh baguss……
    ga sabar judul yang lain….

  10. aku suka! suka sekali!!! iyah…, awalnya aku kira akatsuki sebuah kelompok jahat dalam anime naruto. tapi karena judul inilah aku tertarik melihat sinopsisnya dan baca. bahasanya ringan dan mudah diimajinasikan. budaya jepangnya kental sampai mengira yang nulis benar2 orang Jepang 🙂
    penggambaran Islamnya ringan tapi menggetarkan hati (apalagi saat Kak Ayame yang ngomong). keep on writing kak. baca novel kakak jadi gak bisa tidur. habisnya mengimajinasikan Satoshi terus. wish I could meet a kind of guy like him someday…(siapa tau… 🙂

  11. Kyaaa….
    aku benar-benar suka novel ini…
    Terus berkarya,, Miko-san.. GANBATTE !!!

    kalau aku sih lebih berharap novel akatsuki dibikin versi komik dan anime…
    pengen liat wajah Kagawa Satoshi yang didekripsikan cool, pinter, ganteng…**sambil ngebayangin Hitsugaya Toushiro*

    Oya…kalau Miko-san bisa gambar,, aku request donk gambar manga-nya Kagawa Satoshi dan Kagawa Ayumi (ceritanya mereka udah nikah),, pas moment dansa is so sweet… ^^

    • Saya juga ngefan sama Hitsugaya Toushiro, mirip-miriplah karakternya sama Satoshi.

      Sayang, saya ga bisa gambar bagus. Kalau cuma gambar, sih, bisa, hehe …

  12. hih… aku suka banget aku baca seru banget apa lagi aku suka banget ma jepang….
    tapi waktu mau beli udah gag ada…

  13. WAAAAAAAA suka suka banget deh sama novel Akatsukii.. 😀
    beruntungnya diriku di tawarin baca novel ini sama temenku . Dan akhirnya aku jga nyuruh temenku baca ini . Kereen banget . kalo di bikin film pasti seruuu deeeh 😀
    pasti semua yang baca Akatsuki sukanya sama satoshi nya (termasuk aku :p) hahaha 😀
    Keep Writing ya kak ! 😀
    bagus loh karya kak Miko 😀

  14. Novel ny sngat manis, nuansa jpng ny dpat bnget, nilai agam ny kuat dn sangt menyentuh…
    Sungguh sebuah novel yg sngt menggugah pembaca.
    Aku suka bngt krakter Mayumi, Satoshi, dan Kak Ayame. 🙂

    Arigato gozaimas Miko san, krn novel ini, saya dpat inspirasi bru 🙂

    • Masih ada. Kalau susah nyari di toko buku, langsung pesan ke distributornya saja, yaitu Mizan Media Utama.
      Alamatnya Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146, Ujungberung, Bandung 40294
      Telp: 022-7815500
      Fax: 022-7802288
      e-mail: mizanmu@bdg.centrin.net.id
      Contact Person: Winarni

  15. hm.jadi tambah pengen ke Jepang, khususnya masjid Kobe. membayangkan kisah Satoshi dan Mayumi di sana. hehe XD
    berharap kelak sy juga bisa ke Jepang dan hidup di sana bersama suami tercinta yg skarang masih belum tahu gimana orangnya dan di mana rimbanya dia, mungkin dr jepang jg (ngarep :p) atau mahasiswa sastra Jepang (ngarep lg :p). menikmati bunga sakura bersama-sama dan shalat di masjid Kobe. aamiin 😀
    salut buat miyazaki ichigo, ceritanya terasa nyata. lbh bgs lg kalau tokoh2nya benar2 ada di dunia ini.

      • Kalau kata orang Jawa, istri itu “garwa” yang kepanjangannya “sigaraning nyawa”, artinya belahan jiwa. Jadi, kalau Mayumi sama Satoshi mang berjodoh, berarti mereka satu jiwa, kan?

  16. aq mau nanya donx, novel akatsuki ini skrang masih ada g yah? Uda prnah muter2 gramedia tp g ktmu, kalo ada hrus nyari dmna?
    Thanx,,

    • Novel akatsuki masih ada. Kalau susah nyari di toko buku, langsung pesan ke distributornya saja, yaitu Mizan Media Utama.
      Alamatnya Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146, Ujungberung, Bandung 40294
      Telp: 022-7815500
      Fax: 022-7802288
      e-mail: mizanmu@bdg.centrin.net.id
      Contact Person: Winarni

  17. hemm….
    saya harus comment apa yak, masih bingung karena belum membaca novelnya, yang jelas saya merasa ingin membacanya walaupun entah kapan “keturutan”, jujur, ane orange kurang suka membaca, dari semua buku yang ane beli, tidak ada satu pun buku yang ane baca sampai selesai, bahkan hanya punya pikiran untuk mengoleksinya saja, semoga setelah nanti membaca novel ini, ane bisa mempunyai greget untuk membaca buku. 🙂
    dan terakhir, semoga novel ini menjadi inspirasi bagi para pembaca dan terkhusus penulisnya, nice book… 🙂 | this my repost http://tamyizmohammed.blogspot.com/2012/04/novel-akatsuki.html

    • Sepertinya kamu memang harus membaca novel akatsuki. Soalnya, ada beberapa pembaca yang awalnya ga suka baca, tapi setelah baca novel akatsuki, jadi suka baca buku-buku lain juga. Semoga kamu juga jadi suka baca setelah baca novel akatsuki. Biar buku-buku yang sudah kamu beli bisa bermanfaat, ga cuma numpuk tertimbun debu tebal di lemari.
      Ayat pertama yang turun ke Rasulullah aja berisi perintah membaca.

  18. maaf mau nnya kalo sekarang (april 2012) novel akatsuki masih ada ga ya? Kalo masih di daerah bandung harus nyari dimana? Makasih.

    • Novel Akatsuki masih ada.
      Kebetulan Anda di Bandung. Langsung saja menghubungi dan pesan ke distributornya, yaitu Mizan Media Utama.
      Alamatnya Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146, Ujungberung, Bandung 40294
      Telp: 022-7815500

    • Di setiap toko buku, harga novel Akatsuki berbeda-beda.
      Kalau kesulitan menemukan novel Akatsuki di toko buku, silakan menghubungi dan pesan langsung ke distributornya, yaitu Mizan Media Utama. Alamat dan no teleponnya sudah tercantum pada tulisan di atas.

    • Harga novel Akatsuki bisa berbeda-beda, bergantung pada toko bukunya.
      Kalau kesulitan mendapatkan novel Akatsuki di toko buku, silakan menghubungi dan pesan langsung ke distributornya, yaitu Mizan Media Utama. Alamat dan no teleponnya sudah tercantum pada tulisan di atas.

  19. Aq dah pny novel.a nich skrang, aq ska bgt ma satoshi nya, kren bgt,, oh ea, knpa ga di lnjutin ajj cerita.a? Jd ada akatsuki part 2, psti bnyk yg suka dech,, he

  20. aq pnya usul nich.. bkin akatsuki part 2 nya donk.. lnjutin lg ksah satoshi dan mayumi nya,,, psti bkalan seru bgt, dan bnyak yg ska,,

  21. ihhhh sukaaaaaa banget novel akatsuki keren banget keren banget… Kagawaaa ny kereeeen inspiring banget makasi ya udah bikin novel Akatsuki, bikin lagi novel akatsuki dong tapi dari sudut pandang Kagawa Satoshi aku penasaran deh sm apa aja yang ada di kepalanya Kagawa… ya ya ya beneran dong bikin lagi yaaaaaa 🙂 aku tungguin pokony

  22. AAAAAAAAA kamu bikin novel keren banget! aku sampe baca berulang tuh novel berkali-kali . kamu buat lagi dooong novel yang bergenre seperti ini . udah gitu islamiah banget lagi . aku suka . :DD . ini novel terbagus yang pernah aku baca . makasih ya udah buat novel sebuagus ini :))))))) .

  23. aku juga minta lanjutan si fajri kamil, pas mereka berkeluarga, yah pokoknya harus ada si fajri.. pliss kakak!!! aku dulu nyari2 akatsuki soalnya temenku ngerekomen itu, ternyata g ada. skg tebit. nunggu 1 tahun lo.. makasih kak ^^

      • Suka bangettt sama novelnya. Suka suka deh =)kereen sumpah. Suka banget sama sosok satoshi:* keren pokoknya. Gak bosen meskipun udah dibaca berulang-ulang.
        Salut deh buat kakak yg nulis novel ini

        Kak pengen download novelnya yg pdf tapi kok susah yaa. Gmana yaa caranya?

      • Terima kasih sudah membaca dan menyukai novel Akatsuki.
        Ya, kalau nggak bisa download yang pdf, baca yang buku asli aja 🙂

  24. kk kren bgttt novel’a… smpe trz kbyangin aja kisah mreka.. so sweet bngtt.. plus pengetahuan’a kerenn.. salut deh sma kk.. kk bikin lnjutan’a lgi dong… tmen2 aq jga pda pgennn.. insyaallh laku dehhh

  25. bener banget tuh apa kata ka nas, aku tadinya gga suka baca apalagi yang namanya novel ,,, tapi stelah aku baca novel akatsuki ini aku jadi suka bca, malah jadi beli novel terus, buat di baca tentunya
    hehehehe 🙂

    pokoknya aku suka banget deh sama novel kaka. . .
    sampe senyum” sndiri kaloe lgie baca

    di tunggu ya ka, AKATSUKI part 2 nya
    heheh

    the best dah . . .

  26. Assalamu Alaikum. Ini kak Author Akatsuki? Asli? Yaampun… Oneesan, dulu sy sering denger temen saya cerita ttg Akatsuki. Ketika bercerita, teman sy sangat antusias. Saya jadi penasaran. Baru-baru ini sy sudah membaca Akatsuki dan sampai sekarang sy masih selalu kepikiran. Terlalu syahdu dan sulit dilupakan. Aku jatuh cinta sama karya kakak. Novel selanjutnya ditunggu ya kak. 🙂 ❤

  27. Assalamu’alaikum .. subhanallah akatsuki tuh keren abisss .. aku baca berulang-ulang gak bosen-bosen … sukses yaaa kak 🙂 aku mendukung kalo novel akatsuki ini dijadiin film . Pasti rame . Hehe aku suka sama perannya kagawa satoshi …

    arigatou 🙂

  28. Kak, mau nanya nih. Untuk novel akatsukinya di penerbit masih ada gak? Lokasi aku di Jogja dan nyari banyak toko buku katanya sudah kosong. Atau kalo pesen di situs nulisbuku.com juga bisa? Mohon Tanggapan, terimakasih.

    • Novel Akatsuki tidak tersedia di nulisbuku.com, tapi masih ada di penerbit. Kalau mau pesan ke penerbit, silakan hubungi distributornya, yaitu Mizan Media Utama.
      Alamatnya Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146 Ujungberung, Bandung 40294
      Telepon: 022-7815500
      Fax: 7802288
      e-mail: mizanmu@bdg.centrin.net.id
      Bisa juga memesan novel Akatsuki dari saya. Silakan pesan melalui e-mail atau message fb di mzaki371@yahoo.com. Terima kasih.

  29. aduuh kak. ketinggalan jaman nih. tapi aku suka banget sama novel akatsuki. gak bosen2 untuk ngebaca nya. tapi itu bisa di download gak kak ya?

  30. jln crita.nya kren bnget.. rsa.nya yg pngen bca trus dan trus..
    Kagawa Satoshi perfect ^^
    jd jatuh cinta jg sama dia.. xixixixixixi

    • Kalau novel Akatsuki ini menginspirasi untuk menulis karya baru yang lain, silakan. Tapi maaf, kalau untuk dibuat fanfic, saya keberatan. Terima kasih sudah menyukai novel Akatsuki 🙂

  31. Assalamu’alaykum, ada yg bisa bantu saya~ saya habis beli novel Akatsuki sekitar 5hari yg lalu tapi baru sempet baca kemarin, ternyata setelah dibaca ada halaman yg hilang~ mau komplainpun masa garansinya sudah habis *karna hanya 2hari* dan komplain ke penerbitnya juga sudah tidak bisa karna tidak boleh melebihi setahun dari tahun dicetaknya.
    Disini mungkin ada yg bisa membantu saya memberi foto atau semacamnya….?

  32. mbak masih punya stok novel akatsuki nya gak?, soalnya aku cari dmn mn sdh hbis , di mizan store nya jg sdh hbis, klo msih ada boleh mesen gak mbak?pengen bgt nih mbak^^

  33. Assalamu’alaikum mbak… nama saya Mazza Fakkar Alam, saya juga penulis amatir sekaligus komikus amatir. Saya tertarik dengan novel mbak dan sudah saya baca beberapa kali. Dan saya tertarik dengan karakter Kagawa Satoshi dan Kagawa Ayame, jadi, saya mohon ijin kepada mbak sebagai penulis novel indah dan inspiratif ini (tidak bohong, ini nyata menginspirasi karya saya) untuk memasukkan konsep (bukan ide secara keseluruhan) karakter keduanya ke dalam sebuah proyek komik web berjudul “Kurogane no Isuramu-kyou” (judul masih tentative).

    Komik ini berlatar belakang seorang muslim muda Jepang yang sedang jihad fii sabilillah (perjuangan di jalan Allah, bukan ‘perang’) untuk memberantas kejahatan di negerinya (yakuza, kriminalitas dll). Dan Kagawa Satoshi berserta Kagawa Ayame (Kagawa Sato dan Kagawa Aya dalam komik Kurogane) akan memegang peran karakter yang cukup penting dalam kisah Kurogane ini. Sebagai komikus yang masih amatir, saya belum tahu kapan dapat menyelesaikannya, but i’ll try to contact you as soon as I finished, sebab buku mbak adalah inspirasi pertama dari komik ini.

    sekian permohonan ijin dari saya. saya harap, jawaban anda sesuai dengan harapan saya. wassalam

    • Waalaikumsalam. Silakan saja berkarya karena terinspirasi dari novel Akatsuki (asal tidak menjiplak). Saya sendiri saat menulis sering terinspirasi dari karya-karya orang lain, lalu saya kembangkan/modifikasi dengan ide dan pengalaman saya sendiri. Selamat berkarya!

    • Saat ini stok novel Akatsuki kosong, tapi novel Akatsuki sedang dalam proses untuk diterbitkan ulang. Mohon doanya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s