Kuroshitsuji

 

Ada yang pernah mendengar Kuroshitsuji? Atau ada yang pernah membaca manga-nya? Atau barangkali ada yang pernah menonton anime-nya?

Kuroshitsuji, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Kepala Pelayan Hitam (kuro berarti “hitam”, shitsuji berarti “kepala pelayan”), adalah sebuah manga karya Yana Tobosho yang diangkat ke dalam bentuk anime. Sebagaimana judulnya, komik ini bercerita tentang seorang kepala pelayan yang selalu mengenakan pakaian serba hitam bernama Sebastian Michaelis dan tuannya yang baru berusia 12 tahun bernama Ciel Phantomhive. Manga ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Black Butler.

Saat pertama kali membaca sinopsis cerita ini, saya pikir ini kisah tentang seorang pemuda yang bercita-cita menjadi kepala pelayan nomor satu di kalangan keluarga bangsawan Inggris. Namun, ternyata ….

 

Sinopsis Cerita

Ciel Phantomhive adalah seorang anak berusia 12 tahun yang berasal dari keluarga bangsawan Inggris. Ayah dan ibunya meninggal saat rumahnya terbakar. Ciel satu-satunya anggota keluarga yang selamat. Setelah kebakaran itu, Ciel menghilang. Saat dia kembali, dia bersama dengan seorang kepala pelayan yang berpakaian serba hitam.

Kenyataannya, saat menghilang, Ciel telah membuat perjanjian dengan akuma (setan) untuk membalas dendam kepada orang yang telah membunuh keluarganya. Setan itu akan membantunya membalas dendam dan selama itu, setan itu akan terus mengikuti dan melindunginya. Sebagai gantinya, jika tujuan Ciel sudah terpenuhi, setan itu akan memakan jiwanya.

Nah, setan itu tak lain dan tak bukan adalah Sebastian Michaelis. Jadi, Sebastian sebenarnya adalah setan yang menyerupai kepala pelayan. Sebastian pun selalu melayani Ciel dengan baik dan melindungi Ciel dengan sempurna.

Lambang perjanjian itu berupa segel berbentuk bintang lima (pentagram). Seperti yang kita ketahui, pentagram merupakan lambang setan. Pada Ciel, segel itu dipasang di mata kanannya, sedangkan pada Sebastian, segel itu terdapat pada punggung tangan kirinya. Segel itu digunakan supaya Sebastian selalu bisa menemukan Ciel di mana pun Ciel berada.

 

Perbedaan dengan Cerita Lain

Kuroshitsuji memiliki cerita yang unik dan agak berbeda dibandingkan manga pada umumnya. Sudah umum jika manga bercerita tentang seorang anak yang kehilangan seluruh keluarganya. Begitu pula dengan Kuroshitsuji. Namun, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda.

Pertama, sebuah cerita umumnya memiliki tokoh utama yang baik. Namun, Kuroshitsuji justru memiliki tokoh utama setan dan seorang anak yang memendam kebencian di dalam hatinya.

Kedua, manga pada umumnya menceritakan seorang anak yang kehilangan seluruh keluarganya dan bermaksud membalas dendam kepada orang yang telah menghabisi keluarganya. Namun, orang-orang di sekitarnya selalu mengingatkan bahwa balas dendam itu tidak akan membuatnya bahagia. Sekalipun dia berhasil membalas dendam, itu tidak akan menghidupkan kembali orang-orang yang disayanginya.

Pada Kuroshitsuji, persamaannya adalah tokoh utama juga kehilangan seluruh anggota keluarganya dan bermaksud membalas dendam. Perbedaannya, dia tidak membalas dendam untuk ayah dan ibunya yang telah tiada. Dia membalas dendam untuk dirinya sendiri. Dia juga menyadari bahwa balas dendam tidak akan menghidupkan kembali ayah dan ibunya yang sudah mati. Dia hanya ingin agar orang yang sudah membunuh ayah dan ibunya, serta membakar mansionnya bisa merasakan penderitaan dan penghinaan yang pernah dialaminya.

 

Pelajaran yang Bisa Diambil

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari manga dan anime Kurishitsuji, di antaranya:

 

1. Orang jahat temannya setan

Ciel Phantomhive memang hanya seorang anak yang baru berusia 12 tahun. Pada salah satu episodenya, Ciel diceritakan berulang tahun yang ke-13. Namun, di dalam hatinya penuh dengan kebencian. Dia tidak punya alasan untuk hidup lagi. Satu-satunya hal yang membuat dia tetap bertahan adalah kebenciannya dan keinginannya membalas dendam kepada orang yang telah membunuh ayah dan ibunya.

Karena kebenciannya itu, dia disukai setan. Dia menjadi teman setan. Dia dilayani dan dihormati oleh setan. Namun, itu berarti dia telah menyerahkan jiwanya kepada setan. Sebab, setan suka orang jahat.

 

2. Orang jahat tidak bisa masuk surga

Pada episode pertama anime Kuroshitsuji, disebutkan bahwa jika seseorang menolak beriman kepada Tuhan, maka dia tidak akan masuk surga. Memang benar, kan?

 

After all, Kuroshitsuji bukan manga yang baik karena mengajarkan untuk balas dendam dan menunjukkan seolah-olah setanlah yang benar. Selain itu, banyak adegan berdarah dan mengandung kekerasan. Namun, manga ini memiliki ide yang unik dan cerita yang menarik. Menonton anime ini cukup untuk hiburan saja, sekalian belajar bahasa Inggris karena subtitle anime-nya dalam bahasa Inggris.

So, teman-teman juga harus senantiasa bersikap kritis terhadap berbagai tontonan dan bacaan. Terus, kalau menyukai sesuatu, diambil sisi positifnya saja. Yang negatif, ditinggalkan, dong.

Ja ne!

Advertisements

17 thoughts on “Kuroshitsuji

    • Saya ngopi videonya dari teman. Katanya dia juga dapat dari temannya. Tapi episodenya ga lengkap. Nyoba nyari di internet juga susah karena link-nya sudah banyak yang dihapus.

  1. aku suka banget sama anime nya kuroshitsuji!!! keren banget.cuma yang aku gak ngerti kenapa di episode terakhirnya di kuroshitsuji season kedua,akhirnya sebastian nya jadi kasian banget,trus ellisabeth(benerkan namanya kaya gitu?) nya jadi kasian juga 😦

    • Iya, ceritanya keren, tapi memang endingnya ga menyenangkan. Walaupun waktu nonton saya tidak bisa menebak endingnya gimana, saya sudah menduga cerita kayak gitu ga mungkin berakhir behagia. Memang kasihan, para pembantunya yang kocak itu juga kasihan 😦

  2. Positif negatif kta yg pilih, pintar2 aja,. Mari kita tgu sesion 3nya,, aku dngar gk lma lg. well aku di sesion 2 agak nyblin, msak bnyak trancynya_bnar gk tlisanya? Tpi endnya bikin brtnya2 nexnya gmana?

    • Benar, kita sendiri yang harus pintar-pintar memilih positif negatifnya.
      Saya juga merasa session 2 agak nyebelin.
      Terima kasih infonya soal session 3.

      • Kuroshitsuji malah lebih seru di manganya dari pada animenya, tapi itu menurut saya. Kalau orang lain mungkin berbeda.
        Udah gitu banyak tokoh2 baru di serial manganya. Banyak tokoh bishounennya.

      • Kuroshitsuji malah lebih seru di manganya dari pada animenya, tapi itu menurut saya. Kalau orang lain mungkin berbeda.
        Bahkan saya sempat kecewa, dengan ending season 2. Kok bisa begitu?

  3. keren bgt ni animenya_ manga-y juga keren abizzz. karakter Ciel bnr2 kuat_ cma qt “bnr2 & harus” bisa nyaring +/-nya. Biar ga kjebak ma “ideologi iblis” yg ada

  4. akhirnya season 3 dirilis ya 🙂 seneng ciel muncul lagi. rindu sama suaranya hehehe. tapi kok rambut ciel diseason3 agak beda — apa cm perasaan aku ya? -_-

  5. Hmm… Kalau menurut saya sih, anime ini juga ada sisi positifnya dan ceritanya sugoi banget ^^
    Endingnya juga cukup keren kok. Aku sangat suka endingnya. Soalnya disitu membuktikan kalau Sebastian benar2 sayang Ciel (dia tetap nolong Ciel meskipun dia sudah tahu Ciel bakalan jadi iblis) dan setelah itu mereka hidup bersama dan gak pisah ^^ (maksudnya bukan dalam arti romance ^^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s