Kata-Kata dan Salam-Salam Bahasa Jepang

Wah, lama sekali saya tidak menulis tentang bahasa Jepang. Kali ini, saya akan menuliskan daftar beberapa kata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Ganti Orang

1. Saya, dalam bahasa Jepang adalah:

  • watashi (bentuk formal)
  • watakushi (bentuk setengah formal)
  • boku (bentuk umum untuk laki-laki)
  • atashi (bentuk umum untuk perempuan)
  • ore (bentuk kasar, biasanya untuk laki-laki)

2. Kamu, dalam bahasa Jepang adalah:

  • anata (bentuk formal)
  • kimi (bentuk umum atau akrab)
  • omae (bentuk yang sangat akrab)
  • temee (bentuk kasar)
  • kisama (bentuk menghina)

3. Kami, dalam bahasa Jepang sama dengan saya, tinggal ditambah kata tachi di belakangnya

  • watashi-tachi (bentuk formal)
  • bokutachi (bentuk umum)
  • oretachi (bentuk kasar)

4. Kalian, dalam bahasa Jepang sama dengan kamu, tinggal ditambah kata tachi di belakangnya.

5. Dia (laki-laki): kare

6. Dia (perempuan): kanojo

7. Mereka: karetachi

Nah, berikut ini adalah kata-kata yang banyak digunakan dalam percakapan:

  • hai: ya
  • iie:  tidak
  • arigatou:  terima kasih
  • arigatou gozaimasu (lebih sopan dari arigatou saja):  terima kasih
  • doumo arigatou  gozaimasu: terima kasih banyak
  • sankyuu (diadopsi dari kata thank you): terima kasih
  • dou itashimashite: terima kasih kembali
  • sumimasen: maaf, permisi
  • gomen: maaf
  • gomen nasai (lebih sopan dari gomen saja): maaf
  • douzo: silakan

Selanjutnya, adalah mengenai aisatsu.

Aisatsu berarti sapaan atau salam-salam. Dalam bahasa Inggris, sama artinya dengan greeting.

Berikut ini beberapa sapaan dan salam-salam dalam bahasa Jepang.

  • ohayou gozaimasu (gozaimasu ditambahkan supaya lebih sopan): selamat pagi
  • konnichi wa: selamat siang, selamat sore
  • konban wa: selamat malam
  • o-yasumi nasai (nasai ditambahkan supaya lebih sopan): selamat beristirahat, selamat tidur
  • itadakimasu: selamat makan
  • gochisousama deshita (diucapkan setelah makan): terima kasih atas hidangannya
  • ittekimasu (diucapkan ketika akan pergi keluar rumah kemudian akan kembali lagi): saya berangkat, saya pergi
  • itte irasshai (jawaban dari ittekimasu): selamat bepergian
  • tadaima (diucapkan ketika tiba di rumah): saya pulang, saya datang
  • o-kaeri nasai (jawaban dari tadaima): selamat datang
  • go-kigen ikaga desu ka? (bentuk formal): apa kabar?
  • o-genki desu ka? (tidak formal): apa kabar?
  • genki desu: baik-baik saja
  • hisashiburi desu ne: lama tidak jumpa
  • yoi o-tenki desu ne: cuaca yang bagus, ya?
  • kyou wa samui desu ne: hari ini dingin, ya?
  • atsui desu ne: panas, ya?
  • gomen kudasai (diucapkan ketika bertamu): permisi, ada orang di rumah?
  • irasshaimase (jawaban dari gomen kudasai): selamat datang
  • o-hairi nasai: silakan masuk
  • o-kake kudasai: silakan duduk
  • chotto o-machi kudasai: tunggu sebentar
  • o-me ni kakarete ureshii desu: senang berkenalan dengan Anda
  • nagai koto o-jama itashimashita: terima kasih atas waktu yang Anda berikan
  • kono hen de shitsurei itashimasu: sekarang saya akan pergi
  • omedetou gozaimasu: selamat, ya …
  • o-tanjoubi omedetou gozaimasu: selamat ulang tahun
  • o-daijini (diucapkan ketika menjenguk orang sakit): semoga lekas sembuh
  • karada ni taisetsu ni: jaga diri, ya …
  • ki wo tsukete kudasai: hati-hati di jalan
  • mata au hi made (bentuk formal): sampai bertemu lagi
  • mata ne (tidak formal): sampai jumpa
  • mata yo (tidak formal): sampai jumpa
  • sayonara: selamat tinggal

Itulah beberapa kalimat dan ungkapan untuk bertegur sapa dan bersalam-salaman dalam bahasa Jepang.

Yaaa, sekian dulu untuk kesempatan kali ini. Kapan-kapan disambung lagi.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

About Muliyatun N.

Book author. My published books: Akatsuki (Mizania, 2009; Qanita: 2012) and Hankachi (Nida Dwi Karya Publishing, 2013 & 2016).
This entry was posted in Japan and tagged , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Kata-Kata dan Salam-Salam Bahasa Jepang

  1. Wawa says:

    He,ak tanya ya..
    Tu dibaca biasa aja kah?
    Mksudnya,kan misalnya bhs inggris ‘cellular’ dibaca ‘seluler’..
    Kalo Jepang ada ga?
    Maturtengkyu.. (lhoh?!)

  2. Emma^^ says:

    Assalamualaikum.
    Nice post! tapi yeah..baca postingan ini jadi ingat ma tugas analisis wacana sy yg blom kelaaar!! OH GOD! Bhs Jepangnya makin rumit.. T^T

  3. Isnaini says:

    hehehe,,
    banyak y..
    susah ngapalinnya
    tambahan ni:
    yoroshiku : salam kenal (kyknya ni yg gak formal soalnya q sering denger d anime2)
    kalo mw ngenalin diri lgsg aja:
    isnaini desu (saya isnaini)
    yoroshiku onegaishimasu (salam kenal, mohon kerja samanya)
    hehehe,, q pnah denger d dorama kyk gitu,, hohoho…
    oya, muli, dia (laki-laki) pake otoko bisa g si???
    q pnah denger otoko artinya orang laki-laki
    tambahan lagi:
    hontou ni arigato : terima kasih banyak, sungguh2 terima kasih, benar2 terima kasih
    doumo aja bwt bilang makasi jg boleh
    kyk gitu si yg pnah qdenger
    ciao,, ja ne,,

  4. Nita says:

    wow…pinter banget bahasa Jepangnya…^_^
    Mampir ke blogku y : clicknita.blogspot.com, ajarin bahasa Jepang……hehe…arigato gozaimasu…..

  5. Amanda says:

    kakak , boleh minta izin copas note di fb ngga?
    sukses ya kak, buat novelnya haha
    ntar aku promosiin deh novelnya, biar pada baca hihihi

  6. Nathan says:

    hehe….kantan na…^^

    #bukannya sombong

    • Muliyatun N. says:

      Namanya saja salam-salam, pasti sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi yang sudah belajar bahasa Jepang, tentu saja ini termasuk mudah. Tapi, bagi yang baru mau belajar, saya harap tulisan ini bermanfaat.

  7. Makasi yah kaka 🙂 ini membantu skali 🙂 jadi tau lebih banyak saya 🙂

  8. Kaito says:

    Wooww.. Sugoi..
    thank kk

  9. anika says:

    Hallo…bahasa jepang ternyata seru.,mau ya diajari..:) akhir” ini baru trtarik buat blajar bhs. Jepang..hehe

  10. Latifatul says:

    i like 😀 😀

  11. chaska says:

    mantap
    ganbatte kudasai

  12. elviz dhuathiga says:

    saya ingin sekali belajar bahasa jepang

  13. Syifaa says:

    Kaka, bagus banget ajarin aku dong,, aku pengen belajar bahasa jepang.. soalnya aku pengen kuliah ke jepang.. 😀

  14. materinya sangat bagus sekali

  15. Oksan says:

    Saya sudah Hafal Beberapa kata2 dari Jepang

  16. fajrydzhilly says:

    Arigataou Gozaimasu,,,,

  17. nyan says:

    in gak pake kanjinya ya. mohon ada kanji nya boleh….

  18. zuradi N4 says:

    aku sangat menyukai nya ne kata japanese

  19. Ryan says:

    b. jepangx selamat tdr itu apa yaaa!!
    ada yg tau???

    》ARIGATOU《

  20. Ryan says:

    b. jepang bgjs jga yaaa!!!

  21. dedy rizaldi says:

    klo ngucapin slamat malam ato siang blakng ny ditambahin “gozaimasu” bsa gk?
    mohon dibantu yaa.. ^-^

    • Muliyatun N. says:

      Setahu saya kalau mengucapkan selamat siang atau malam tidak perlu ditambah “gozaimasu”, cukup “Konnichiwa” atau “Konbanwa”.

  22. nanutz says:

    pengen ngerti bahasa jepang’.. kayaknya asik,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s