Dan Fajar Pun Terbit

Judul: Akatsuki

Penulis: Miyazaki Ichigo

Penerbit: Mizania, Bandung

Tahun terbit: 2009

Tebal: 304 halaman

            Hmm … apa yang ada dalam benak kalian ketika membaca judul buku ini? Pasti pikiran kalian langsung tertuju ke manga dan anime Naruto. Iya, kan? Hayooo, ngaku ….

Atau mungkin di pikiran kalian melintas sosok-sosok dengan jubah hitam bergambar awan merah yang tergabung dalam sebuah organisasi yang bertujuan mengumpulkan bijuu?  Apakah nama-nama yang terbayang oleh kalian adalah Pein, Konan, Hoshigaki Kisame, Uchiha Itachi, Hidan, Deidara, Sasori, dan kawan-kawannya? Hiiiy … takut!!!

Lalu, apa yang kalian pikirkan saat membaca nama penulisnya? Mungkin kalian menduga bahwa ini adalah buku berbahasa Jepang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia? Mungkin kalian mengira penulisnya orang Jepang asli?

Jika benar begitu dugaan kalian, maka perlu kalian ketahui bahwa apa yang kalian kira itu sama sekali tidak benar.

Jadi?

Novel Akatsuki ini asli buatan anak Indonesia, kok. Cuma, setting-nya memang mengambil negara Jepang. Miyazaki Ichigo adalah nama pena penulisnya.

Akatsuki sendiri berarti fajar. Jadi, novel ini berkisah seputar saat-saat fajar dan tentang fajar.

Diceritakan ada seorang remaja putri bernama Mayumi yang duduk di bangku SMA. Sebagaimana remaja pada umumnya, Mayumi selalu ingin tahu. Dia juga sering tanpa sadar berlaku aneh dan bertindak bodoh, terutama jika sedang berhadapan dengan Satoshi, siswa paling populer di sekolah, tetapi cuek dan dingin. Karena Satoshi sering meninggalkan jam makan siang dan tidak mau bersentuhan dengan perempuan, Mayumi pun penasaran. Usut punya usut, ternyata ….

Di rumah, Mayumi tinggal dengan ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki. Sekilas tampak seperti keluarga biasa pada umumnya. Namun, riwayat hidup Mayumi sebenarnya sangat kompleks, tidak sesederhana yang terlihat. Hal itu juga yang akhirnya memicu konflik besar dalam hidupnya.

Jadi, bagaimana kisah Mayumi selengkapnya? Bagaimana nasib Mayumi selanjutnya? Bagaimana riwayat keluarga Mayumi yang sebenarnya? Lalu, seperti apakah Kagawa Satoshi, siswa laki-laki misterius di sekolah Mayumi? Siapa sesungguhnya dia? Dan, apa hubungannya dengan fajar? Kenapa judulnya Akatsuki?

Nah, penasaran, kan? Pengen tahu, kan? Untuk cerita selengkapnya, silakan membaca novelnya sendiri.

Novel ini tentunya memiliki beberapa kekurangan. Seperti tata bahasa yang masih harus terus diperbaiki, penguasaan materi yang perlu ditingkatkan, alur cerita yang mudah ditebak, dan karena penulisnya orang Indonesia, barangkali ceritanya masih terasa di Indonesia walaupun setting-nya di Jepang.

Meskipun demikian, insya Allah ada manfaat yang bisa didapat dengan membaca novel ini. Pertama, jelas memberi hiburan. Novel ini juga menyedikan beberapa informasi tentang Jepang. Lalu, bagi yang baru belajar bahasa Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang, di novel ini disisipkan beberapa kata dalam bahasa Jepang. Tentu saja hanya kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan termasuk mudah. Bagi yang sudah bisa berbahasa Jepang, sih, kayaknya belum ada apa-apanya. Di novel ini juga dicantumkan lirik-lirik OST anime yang cukup banyak untuk memperkuat latar suasana cerita. Dan tentunya, novel ini tergolong unik karena memadukan antara kebudayaan Jepang dengan nilai-nilai Islam yang indah.

Novel ini bisa didapatkan di toko-toko buku. Kalau nggak ketemu, bisa menghubungi dan pesan langsung ke distributornya, yaitu Mizan Media Utama. Ini dia!

Mizan Media Utama

Kantor Distribusi Bandung:

Jalan Cinambo (Cisaranten Wetan) No. 146, Ujungberung, Bandung 40294

Telp: 022-7815500

Fax: 022-7802288

e-mail: mizanmu@bdg.centrin.net.id
Contact person: Winarni

Perwakilan Jakarta:

Golden Plaza Blok G 15-16, Jalan RS Fatmawati No. 15, Jakarta Selatan 12410

Telp: 021-7661724 (Hunting)

Fax: 021-7508945

e-mail: mmujkt@cbn.net.id
Contact person: Noryati Sahara (Yaya)

Perwakilan Surabaya:

Jalan Karah Agung 3-5, Surabaya 60231

Telp: 031-8281857, 031-60050079

Fax: 031-8289318

e-mail: mizanmu_sby@yahoo.com
Contact person: Bagus Triyanto

Perwakilan Makassar:

Jalan A.P. Pettarani Selatan I No. 1 Makassar 900221

Telp: 0411-871369

Contact person: Nahzar

Perwakilan Malang:

Jalan Sudimoro No. 1 Malang

Telp/Fax: 0341-477869

e-mail: mizan_mlg@yahoo.com
Contact person: Muhammad Mansyur

Perwakilan Medan:

Kompleks TASBIH I Blok TT No. 13, Medan 20133

Telp/Fax: 061-8214910

e-mail: mmumdn@hotmail.com
Contact person: Sofyan Sauri

Distribusi Pekanbaru:

Jalan Tuanku Tambusai/Nangka 1

Komplek Kuda 8 No. 77

Simpang Mall SKA Pekanbaru

Telp: (0761) 39088

Fax: (0761) 39089

Contact person: Andi Siregar

Harapan penulis, semoga novel pertamanya ini dapat memberi manfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi siapa saja yang membacanya. Amin.

Penulis juga senantiasa terbuka untuk menerima kritikan dan masukan yang bisa disampaikan melalui email mzaki371@yahoo.com atau blog asapenamulia.wordpress.com dan mzaki371.blogspot.com.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

46 thoughts on “Dan Fajar Pun Terbit

  1. hehehe…
    yg ini Q dah komen kan,,
    sbenere Q jg punya blog di wordpress..
    iismile.wordpress.com
    tp isinya si,,gak begitu bagus,,
    Q lebih suka blog-Q yg di blogger…
    ^_^

  2. akatsuki no NOVEL wa membuat atashi no kokoro begitu atatakai ne….
    novel yang senantiasa memberi kenyamanan dan suzushi(kesejukan…)

  3. ceritanya keren banget. sugoooiiiiii >.<
    suka banget sama karakternya Kagawa Satoshi, mirip banget kayak karakter cowok cool di komik-komik! bener-bener tak terduga. trus banyak kejutan lainnya lagi di ceritanya itu. keren deh!! aku tunggu ya karya selanjutnya, kalo bisa tentang kehidupan Jepang juga hehe :}

  4. Q dah baca………..
    2 thumbs up 4 this book………
    dapat inspirasi darimana kak bwt buku ini??

    Kagawa Sitoshi
    he’s so cool………

    d tunggu karya yg lainnya y kak ^^
    kalo boleh yg bhubungan ma Jepang jg
    🙂

  5. ceritanya bagus…suasana dan budaya jepangnya ok..kupasan islamnya lumayan. tapi pendalaman karakternya belum maksimal kayaknya..seperti ada tokoh yg tiba2 muncul dan anehnya lgsung dipercaya. spt henry…
    secara keseluruhan, ok lho…bikin lagi cerita yg lebih menarik lg ya..sukses..

  6. Haha!!
    Awesome ni novel!!
    sumpah,,kerasa bangett baca ni novel!
    jadi nambah pengetauan gw blajar bahasa jepang.
    Yang paling gw suka,pas bagian Satoshi ngelindungin Mayumi!!
    *Andai aja ada muslim yang kaiak gituu.*

    Hoahh,,
    jadi kepingin dibikinin peleemm..

  7. Pingback: Novel Akatsuki Cetak Ulang! « mzaki371

  8. aduuh mbak bukunya keren buangeeet!!
    aku suka sama karakter Henry yg kocak. Satoshi juga, Mayumi apalagi!!
    aku langsung melahap Akatsuki dalam 2 hari karna penasaran!!

    kira kira ada jilid keduanya gak? kalo ada, ditunggu ya…

    • Makasih, ya, udah baca akatsuki.
      Hmm … maaf, ga ada jilid duanya. Baca aja akatsuki berulang-ulang 😉

      • kenapa ngga ada buku duanya ?
        padahal aku penasaran banget ..
        hikks ..
        aku penggemar berat novel ini ..

  9. akatsuki novel termanis yg prnah aku baca… hehehe
    jadi pngen punya seseorang kayak satoshi…
    tapi knp di endingnya satoshi nggak bilang ‘aku cinta kamu’ sama mayumi……..?

  10. aaaaaa….
    akatsuki rame buangeett !
    sbenernya ssudah baca novel ini aku kaget , ko hampir sama ama kisah aku yaa .. ?
    lebay mungkin , tapi kayaknya orang yang kayak satoshi ini ada di kehidupan aku . hmm…
    karakter mayumi juga kayaknya aku banget , pokoknya novel ini aku banget deh !!!
    ahaha .. ^^
    buat mbak penulis , tolong bikin kelanjutan dari novel ini ,aku penasaran banget , mungkin mayumi dan satoshi punya anak ??
    ahahahaha …
    aduh maaf deh so tau ..
    makasih mbak penulis ..^^

  11. iya bener bgt tuh smua yg di atas hati tuh kerasa melayang klo baca buku ini pertama sih aku pinjem ke temen yg beli di bookfair eh jdi pengen punya trus beli jga kyanya klo baca sekali g puas aku malah udh ngebayangin aku jadi sutradaranya yang bikin pilem dari buku ini(ngarep)trus aku jga udh mikirin gmn caranya dapetin pemain2nya trus aku jga udh ngebayangin gmn klo ada buku ke duanya,yg satoshi lbh terbuka,trus gmn satoshi dan mayumi menghadapi anaknya yg mulai beranjak dewasa dan mulai mengerti cinta

  12. akatsuki bagus banget…
    g bosan bacanya.nambah pengetahuan juga tentang jepang.nilai plus buat aku,karena banyak pelajaran moral yang bisa dipetik…
    2 thumbs up buat yang nulis
    🙂

  13. Oya…kakak seorang otaku anime ya?? di novel Akatsuki banyak banget nulis ost2 anime..
    hm…yang aku penasaran banget nih kak Miko pernah ke Jepang?? Atau nulisnya cuma berdasarkan referensi buku dan internet?? Soalnya cara kakak menggambarkan kota Jepang dan menceritakan budaya Jepang amazing banget (aku aja gak kebayang lho..maklum lum pernah ke Jepang => impianku,, kali aja ketemu sama orang yang mirip Kagawa Satoshi,, kurasa aku jatuh cinta sama tokoh ini)

    • Saya suka Jepang, suka anime juga, tapi kayaknya ga bisa disebut otaku.
      Saya belum pernah ke Jepang. Pengennya, sih, ke sana. Amin ….
      Jadi, saya nulis novel akatsuki itu berdasarkan info dari buku, internet, tv, radio, sama baca-baca peta.

    • Kalau mau membeli novel Akatsuki, bisa menghubungi kantor pemasarannya, yaitu Mizan Media Utama.
      Nomor teleponnya 022-7815500

  14. Pingback: Lirik Lagu-lagu Anime dalam Novel Akatsuki | mzaki371

  15. Pingback: Kata-kata dan Istilah Bahasa Jepang dalam Novel Akatsuki | mzaki371

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s