Undokai

Pada hari Senin minggu ke-2 bulan Oktober, di Jepang diperingati sebagai Hari Olahraga dan Kesehatan. Hari ini merupakan hari libur resmi untuk memperingati hari pembukaan Olimpiade Tokyo 1964.

Dalam rangka merayakan Hari Olahraga dan Kesehatan ini, sekolah-sekolah di Jepang banyak yang mengadakan undokai, terutama untuk TK dan SD. Acaranya antara lain lomba lari, pertunjukan musik dan tari-tarian, juga aneka permainan lainnya.

Yang menarik dari undokai adalah bahwa kegiatan ini tidak hanya mengikutsertakan para muridnya, tetapi juga melibatkan orang tua murid. Seperti misalnya, permainan lari tiga kaki. Sang anak harus berlari bersama ayah atau ibunya dengan masing-masing salah satu kakinya diikat jadi satu.

Selain itu, keluarga yang menghadiri undokai ini bukan orang tua murid saja, tetapi juga kakek, nenek, paman, bibi, dan sebagainya. Tampak jelas bahwa pihak sekolah ingin melibatkan partisipasi keluarga besar murid-muridnya dalam kegiatan sekolah sehingga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan tercipta keserasian antara pengajaran di sekolah dengan pendidikan di rumah.

Adanya undokai ini juga mengajarkan pentingnya bekerja sama dalam kelompok dan menanamkan sportivitas. Tujuan lainnya adalah untuk menggali potensi, minat, dan bakat para murid.

Wah, wah, wah … ternyata undokai itu tidak sesederhana yang saya kira. Banyak makna dan pengajaran yang terkandung di dalamnya dan bisa kita ambil pelajaran.

Semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

3 thoughts on “Undokai

  1. Wah seru ya…
    Patut ditiru nih… kebersamaan keluarga di sekolah… selama ini kayaknya orangtua datang ke sekolah kalo ada undangan rapat atau ambil rapot, selebihnya diluar sekolah aja alias cukup anter anak ke sekolah hihihi… thanks for sharing… Salam kenal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s